Pemagangan Perbenihan Jeruk Petugas UPTD BBH Saree Aceh Besar dan UPT PBH Pasuruan

Ka Balitjestro menerima peserta pemagangan perbenihan jeruk bebas penyakit dari UPT PBH Pasuruan dan UPTD BBH saree Aceh Besar
Ka Balitjestro menerima peserta pemagangan perbenihan jeruk bebas penyakit dari UPT PBH Pasuruan dan UPTD BBH saree Aceh Besar

3 Petugas UPTDH BBH Saree Aceh Besar dan 3 petugas UPT PBH Pasuruan Jawa Timur melaksanakan kegiatan magang Perbenihan Jeruk Bebas Penyakit di Balitjestro yang dimulai hari ini, Senin 26/10/2015. Pamagangan ini akan dilaksanakan 3 hari untuk UPT PBH Pasuruan dan 1 bulan untuk UPTD BBH Saree Aceh Besar.

Dalam kesempatan tersebut perwakilan dari UPT PBH Pasuruan Denny Kurniawan, SP.MM selaku ka si produksi maupun dari UPTDH BBH Saree Hadi Susanto meyampaikan maksud dari kegiatan ini yaitu untuk melatih petugas dalam perbenihan jeruk bebas penyakit yang benar. Dengan ilmu yang didapat diharapkan petugas dapat mengaplikasikan di UPT untuk mendukung agribisnis jeruk di daerah masing-masing.

Kepala Balitjestro Dr.Ir. Joko Susilo Utomo, MP memberikan apresiasi adanya kegiatan ini.. Kemudian disampaikan bahwa pembangunan agribisnis jeruk dimulai dari perbenihan. Dengan benih yang sehat makan produksi jeruk pun akan meningkat. Disamping itu dalam menyediakan benih harus mengacu pada regulasi yang ada. Sekarang banyak terjadi penurunan produksi maupun kualitas jeruk disebabkan karena peredaran benih yang tidak memenuhi ketentuan yang ada sehingga tidak terjamin kualitasnya. Untuk itu dengan kegiatan ini petugas dapat menularkan ilmunya kepada penangkar maupun petani untuk selalu menggunakan benih bebas penyakit yang telah disertifikasi.

Dalam sambutannya juga disampaikan inovasi teknologi jeruk yang telah dihasilkan selama ini. Sebagai UPT Badan Litbang Pertanian Balitjestro melakukan riset untuk menghasilkan inovasi teknologi jeruk yang telah diadopsi oleh beberapa pengguna antara lain di PTPN VIII, IX, XII serta beberapa daerah sentra jeruk di Indonesia untuk mendukung pengembangan agribisnis jeruk di Indonesia.

Pamagangan ini sendiri akan diisi dengan materi perbenihan antara lain, teknologi produksi benih jeruk bebas penyakit, teknologi pengelolaan BF dan BPMT, pengendalian hama penyakit dan juga top working. Selain materi di ruangan kegiatan ini juga melakukan praktikum di lapang.

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event