Balitjestro Diseminasikan 8540 Benih Varietas Unggul Jeruk Ke Kabupaten Batang

Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian melalui Balitjestro mendiseminasikan 8540 benih Varietas Unggul jeruk kepada Pemerintah Kabupaten Batang untuk dikembangkan.

Kepala Balitjestro, Dr. Ir. Harwanto, M.Si menyampaikan bahwa benih yang telah disalurkan dapat berkembang dan membentuk kawasan jeruk. Harapannya pada  2-3 tahun ke depan tanaman sudah berproduksi sehingga Batang dapat menjadi sentra produksi jeruk.

Lebih lanjut dijelaskan varietas yang didiseminasikan adalah varietas unggul Balitbangtan yang diharapkan dapat berkembang pesat di Kabupaten Batang.

Varietas tersebut diantaranya Keprok RGL,Monita Agrihorti, Krisma Agrihorti, DN Sabilulungan Montaji Agrihorti, Topazindo Agrihorti, Soe 86 Agrihorti, Nimas Agrihorti, dan Keprok JOP.

Wilayah Batang sendiri memiliki dataran rendah maupun tinggi. Nantinya varietas yang ditanam akan disesuaikan dengan kondisi agroklimatnya.

Selain itu perlu adanya dukungan dan komitmen dari Dinas Pertanian terkait sehingga jeruk yang telah disalurkan  mempunyai nilai manfaat bagi masyarakat dari hasil produksinya.

Secara simbolis jeruk diserahkan Kepala Balitjestro kepada Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Batang Ir. Megayani Thamrin di IP2TP Punten,  Kamis (23/1). (aminuddin fajar/balitjestro)

Agenda

no event