Balitjestro Bersiap Diri Menyambut e-PUPNS

E PUPNS Sosialisasi

Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (PUPNS) sebagai agenda rutin nasional 10 tahunan kembali dilaksanakan serentak. Pendataan pada 2015 ini sedianya dilakukan secara online dengan menerapkan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara berbasis Teknologi Informasi yang selanjutnya disebut dengan e-PUPNS.

Untuk mempersiapkan kegiatan tersebut, Balitjestro menyelenggarakan sosialisasi e-PUPNS, Jumat, 28/9, bertempat di Aula Balitjestro. Sebanyak 60 PNS Balitjestro berkumpul untuk mengikuti penjelasan dari pihak Kanreg II BKN Jawa Timur.

e PUPNS 2015Dalam sambutannya, Kepala Balitjestro, Dr. Ir. Joko Susilo Utomo, MP, menyampaikan bahwa pendataan ulang PNS menjadi tugas dan tanggung jawab masing-masing PNS, bukan hanya bagian Kepegawaian. Sehingga setiap pegawai harus berperan aktif.

Bapak Anang Dohir, staf Kanreg II BKN Jawa Timur, menjelaskan secara detail tentang pelaksanaan e-PUPNS yang berakhir Desember 2015 mendatang. e-PUPNS wajib dilaksanakan oleh setiap pegawai dan bagi mereka yang tidak melakukannya secara otomatis tidak tercatat dalam database ASN nasional. Sebagai akibatnya, PNS yang bersangkutan kedepannya tidak mendapatkan layanan kepegawaian serta dinyatakan berhenti/pensiun. Setidaknya ada 3 tahapan yang akan dilalui oleh masing-masing pegawai. Mengisi NIK, NIP, Password, dan alamat e-mail pada tahap pertama. Dilanjutkan dengan mencetak tanda bukti registrasi. Tahap berikutnya, berbekal kode register dan password, PNS melakukan login dan melakukan entri PUPNS. Di bagian inilah PNS melakukan verifikasi atas database yang tersedia sebelumnya. Pada akhir proses, PNS dapat mencetak bukti bahwa dirinya telah melakukan proses pendataan ulang PNS 2015.(Dyah**)

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event