Balitjestro berikan pembekalan perdana dan kuliah tamu mahasiswa UMM

Balitjestro Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian memberikan pembekalan perdana dan kuliah tamu kepada 4600 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata, Senin (01/07/2019).

Kegiatan ini diadakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM), Universitas Muhammadiyah Malang dengan dihadiri oleh Wakil Rektor III Dr. Sidiq Sunaryo, MH, Direktur DPPM Prof. Dr. Yus M. Choily, Wakil Direktur II Dr. Joko Sidiq dan kepala divisi KKN Ir. Alik Anshori.

Materi dengan tema “Inisiasi Pengembangan Agribisnis Jeruk di Wilayah Jawa Timur”diberikan oleh Kepala Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian Balitjestro, Dr.Ir. Anang Triwiratno, MP.

Dalam materinya disampaikan tentang dukungan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian dalam pengembangan agribisnis jeruk di Indonesia.

Dukungan ini diwujudkan dengan dihasilkannya inovasi teknologi untuk dapat diaplikasikan petani .

Inovasi tersebut diantaranya KIT deteksi Cepat HLB, varietas unggul baru, teknolgi budidaya seperti bujangseta dan pemupukan serta monitoring hama penyakit dengan remote sensing.

Bentuk dukungan lainnya adalah pendampingan teknologi kawasan jeruk untuk membina dan melatih petani dalam budidayanya dengan menerapkan teknologi.

Dalam kesempatan yang sama juga diberikan bantuan benih jeruk berbagai varietas untuk dibawa mahasiswa di lokasi KKN. (af)