Balitjesto Miliki Plasmanutfah Jeruk Terbanyak di Indonesia

[cml_media_alt id='1831']211 Aksesi Jeruk Indonesia[/cml_media_alt]Indonesia memiliki 211 aksesi Jeruk yang disimpan di Balai Penelitian Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro), Batu.  Balitjestro adalah Balai Penelitian di bawah Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian RI. Ke-211 aksesi jeruk tersimpan dengan baik untuk kepentingan penelitian di Kebun Percobaan Tlekung dan Kebun Percobaan Punten di Batu, Jawa Timur. MURI pun mengakui dan memberi penghargaan atas prestasi ini dengan memberikan sertifikat No. 4442 yang diterima oleh Sekretaris Badan Litbang Pertanian, Haryono di Balitjesto, Kamis 5 Agustus 2010.

Banyak masyarakat yang belum tahu potensi dan kekayaan Indonesia karena selama ini pasar jeruk Indonesia dibanjiri produk dari luar negeri, terutama dari China. Menjadi tugas Balitjestro untuk menyediakan teknologi unggul yang bisa diaplikasikan petani dan melakukan pengawalan teknologi di lapang. Sehingga dalam beberapa tahun ke depan, kita justru mampu mengekspor Jeruk. Balitjestro mempunyai tugas untuk melaksanakan kegiatan penelitian tanaman jeruk dan buah subtropika seperti apel, anggur, lengkeng, stroberi dan buah subtropika lain.

Varietas jeruk Indonesia sangat beragam, mulai dari Manis Waturejo, Manis Punten, Manis Pacitan, Siam Pontianak, Siam Berastagi, Siam Mamuju, Siam Banjar, Siam Kintamani, Keprok Riau, Keprok Kedu, Keprok Selayar, Keprok Madura, Keprok Konde Purworejo, Keprok Batu 55, Keprok Satsuma, Keprok Ponkan, Keprok Tejakula, Keprok Freemont, Keprok Pulung, Keprok Cina Licin, Keprok Madu Terigas, Keprok Soe, Keprok Cina Konde, Keprok Mandarin Cimahi, dan lain-lain termasuk jenis jeruk Pamelo yang selama ini kita tahunya Jeruk Bali yang sebetulnya hanya satu dari sekian banyak jenis Jeruk Pamelo.

Dalam Citrus Spectacular Day yang berlangsung 5-7 Agustus 2010 di Balitjestro, diselenggarakan display teknologi jeruk. Berbagai tanaman jeruk dengan macam buahnya juga dipamerkan. Masyarakat pun dapat membeli dan membawa pulang  bibit jeruk yang bisa dibeli di stand koperasi. [admin]

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event