Balitbangtan Gandeng PKK Kabupaten Malang Sukseskan Gertam Cabai

Kepala Balitjestro, Dr.Ir. Muhammad Taufiq Ratule, M.Si menyerahkan secara simbolis benih cabai kepada ketua tim penggerak PKK kabupaten Malang Hj. Jajuk Rendra Kresna, SE.MM

Kementerian Pertanian dalam mengatasi kenaikan harga cabai yang tinggi mencanangkan Gerakan Tanam (Gertam) Cabai. Kegiatan ini dilakukan melalui pemberdayaan ibu-ibu untuk mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga dengan membudidayakan berbagai jenis tanaman sesuai kebutuhan pangan keluarga.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (balitjestro) menggandeng PKK Kabupaten Malang untuk mensuskeskan kegiatan tersebut. Saat ini Balitjestro telah menyediakan 100 ribu benih cabai untuk dibagikan kepada PKK se Kabupaten Malang

 

Hari ini, Kamis 02/03/2017 diserahkan 5000 benih cabai kepada PKK Kabupaten Malang yang dilakukan di Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang. Benih cabai secara simbolis diserahkan kepala Balitjestro, Dr.Ir.Muhammad Taufiq Ratule, M.Si kepada ketua tim penggerak PKK Kabupaten Malang Hj.Jajuk Rendra Kresna, SE.MM.

PKK Kabupaten Malang siap mendukung dan mensukseskan kegiatan ini. Untuk itu partisipasi aktif dari ibu-ibu  sangat diperlukan. Saat ini di desa Pujon Kidul sendiri telah dilakukan pemanfaatan pekarangan untuk tanaman sayuran. Adanya  gerakan ini masyarakat  sangat mendukung untuk menanam cabai berdampingan dengan tanaman sayuran lainnya.

Melalui pencanangan Gertam Cabai ini diharapkan dapat memberikan solusi dalam upaya pemenuhan kebutuhan gizi keluarga dengan mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan sehingga kebutuhan rumah tangga akan cabai dapat dipenuhi sendiri. Selain itu apabila tanaman cabai telah menghasilkan dengan baik dan lebih dapat juga dijual untuk menambah pendapatan keluarga. (anang/fjr)

Agenda

no event