Balitbangda Jatim Lakukan Peliputan Hasil Penelitian Balitjestro

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Pemerintah (balitbangda) Provinsi Jawa Timur melakukan kegiatan koordinasi peliputan hasil-hasil penelitian Balitjestro, Senin 22/05/2017. Kegiatan yang ini untuk materi penerbitan buletin “TEROPONG” yang dicetak Balitbangda Jatim.

TEROPONG merupakan buletin semi ilmiah yang menyajikan pemikiran diberbagai bidang termasuk pertanian. Dengan peliputan ini hasil-hasil inovasi teknologi Balitbangtan dapat didiseminasikan ke masyarakat dengan bekerjasama dengan Balitbangda Jawa Timur.

Kegiatan yang diikti 4 orang petugas ini diterima Kepala Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian Balitjestro Dr.Ir Anang Triwiratno MP. Sekilas disampaikan profil tentang Balitjestro dan hasil-hasil inovasi teknologi yang telah dihasilkan selama ini. Inovasi yang dihasilkan telah diadopsi oleh beberapa pengguna antara lain di PTPN VIII, IX, XII serta beberapa daerah di Indonesia termasuk sentra jeruk di Jawa Timur.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan di laboratorium STG dan pengujian untuk melihat proses kegiatan pembersihan disana. Tema yang akan ditampilkan di buletin yaitu produksi benih jeruk bebas penyakit sehingga alur produksi harus di pahami.

Kemudian petugas mengunjungi Kebun Percobaan Punten untuk melihat proses produksi benih jeruk melalui okulasi. Disini ditampilkan alur perbenihan mulai dari persemaian sampai benih siap siar.

Dengan adanya komunikasi yang terjalin antara Balitbangda dengan Balitjestro dapat mempermudah  diseminasi hasil inovasi teknologi  untuk membangun pertanian di wilayah Jawa Timur. (fjr)

Related Post