Balitjestro menjadi pusat peningkatan kemampuan petani di Jawa Timur

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Ir. Syukur Iwantoro, MS. MBA mengadakan kunjungan kerja ke Balai Peneltian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika, Jumat 29/06/2018.

Turut mendampingi kunjungan, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik,Kuntoro Boga Andri, SP, M.Agr., Ph.D, Kepala Biro Umum dan Pengadaan Sekretariat Jenderal Ir. Sri Sulihanti,M.Sc, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, Dr. Ir. Hardiyanto, M.Sc beserta pejabat lainnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diadakan temu lapang dengan pelaku agribisnis terutama hortikultura baik dari petani maupun swasta dan juga eksportir buah.

Dalam keterangannya disampaikan Balitjestro telah menjadi pusat peningkatan kemampuan para petani di Jawa Timur. Sebab, di sinilah para petani dapat dapat mengembangkan produknya, salah satunya dengan teknologi Bujangseta. Salah satu teknologi teknologi yang dapat di adopsi adalah Pembuahan Berjenjang Sepanjang Tahun (Bujangseta).

Dengan teknologi ini dapat menjadi solusi dalam membudidayakan jeruk yang selama ini panen raya hanya terjadi pada satu waktu yang megakibatkan turunnya harga. Serta dengan buah yang dihasilkan dapat berkualitas premium.

Kunjungan dilanjutkan dengan memberikan arahan kepada peserta Bimbingan Teknis PPID Kementerian Pertanian yang sedang melakukan kegiatan di Balitjestro. Selanjutnya mengunjungi laboratorium terpadu dan diakhiri di Kebun Percobaan Tlekung untuk memetik jeruk. (af)