Badan Litbang Pertanian Menjadi Stand Terbaik IBEX 2014

Pameran Balitbangtan (4) Biodiversity Dunia yang jatuh pada tanggal 22 Mei. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi pada masyarakat dalam memahami pentingnya melindungi, mengawetkan dan memanfaatkan secara lestari sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

Keaneragaman hayati Indonesia menempati urutan ke-2 di dunia. Saat ini kita memasuki era bioindustri dimana negara yang akan maju adalah negara yang mampu memiliki dan mengembangkan sumber daya hayati untuk bahan baku industri. Berbagai kekayaan alam yang dimiliki mulai dari Marine Biodiversity, Agro Biodiversity, Foresty Biodiversity harus bisa dimanfaatkan untuk industri sandang, pangan dan obat-obatan.

Badan Litbang Pertanian tampil dengan stand yang sangat menarik sehingga pengunjung memadati sejak dibuka pagi (10.00 WIB) sampai malam hari (21.00 WIB). Dengan melibatkan materi dari Pusat dan UPT yang ada di lingkup Jawa Timur yaitu Balitjestro, Balittas, BPTP Jatim, Balitkabi dan Lolit Sapo.

Stand Pameran Badan Litbang Pertanian di IBEX 2014

Balitjestro menampilan bebeberapa benih dan buah varietas jeruk, apel, anggur dan stroberi. Anggur menjadi primadona baru karena selain cocok untuk dataran rendah, saat ini ada 7 varietas yang sudah dilepas oleh Kementan dari 43 koleksi Anggur Balitjestro. Penjelasan mengenai jenis dan kegunaan jeruk menjadi hal yang menarik bagi pengunjung. Jeruk Kanci, Kalamanci, Jeruk Purut, Jeruk Sambal adalah varietas yang sering dimanfaatkan untuk bumbu dapur. Nagami Qumkuat (Ovalkuat) yaitu jeruk yang justru bisa dimakan kulitnya (isinya masam) dan masyarakat menggunakannya untuk kecantikan wajah. Varietas lain yaitu keprok slopen, manis india, manis pacitan, berbagai jenis pamelo (jeruk besar) dan jeruk unggulan Kepro Batu 55. Pada pameran ini, Balitjestro menyediaan benih jeruk untuk dataran rendah yaitu pamelo, jeruk purut, jeruk sambal, keprok madura dan siam pontianak.

Pengunjung sejak hari pertama banyak yang tertarik dan membeli benih jeruk untuk ditanam di pekarangan rumah. Namun karena keterbatasan tempat pameran, tidak banyak benih dan varietas jeruk yang Balitjestro tampilkan. Pengunjung yang tertarik lebih jauh untuk informasi dan berbagai benih jeruk diberikan alamat Balitjestro dan KP Punten yang bisa dikunjungi di jam kerja.  Untuk berbagai informasi detail mengenaik pemupukan dan budidaya berbagai materi yang ada di website Balitjestro bisa diakses sewaktu-waktu.

Pameran Balitbangtan (9)

Badan Litbang Pertanian menerima predikat stand terbaik yang diserahkan kepada perwakilan Litbang yaitu Sri Andayani (teknisi Balitjestro)

Pada penutupan yang dilakukan Minggu 25 Mei 2014, Stand Badan Litbang mendapatkan penghargaan stand terbaik IBEX 2014 dengan nilai 890. Posisi ke-2 yaitu LIPI (865) dan ke-3 yaitu Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (845). [zh]

Stand Badan Litbang Pertanian tampak dari atas

Display Produk: Sumber daya genetik umbi, kacang-kacangan, es krim umbi ungu, jeruk (buah dan benih), apel (buah), sroberi (buah dan benih), anggur (benih), keangeragaman biji-bijian sayuran, koleksi tanaman sawi lokal (vertikultur), empon-empon, ubi potensial, penyimpanan/perbanyaan benih melalui kultur jaringan sumber daya genetik Disoschorea alata, buah merah (Pandanus conoideus), Anectochilus taiwanensis, kantong semar (Nepenthes spp), biji-bijian turi dan indigofera untu pakan, kompos hidgrade, pakan komplit, benih tanaman pemanis dan serat, varietas tebu unggulan/tahan kekeringan.

Poster: Ubi Ungu, Jeruk Keprok Batu 55, kajian dan Etno-botanik terung (Solanum melongena) dan kerabat liarnya, Ubi Potensial, Sapo PO terseleksi, X Banner Aquaponik.

Leaflet, Booklet: Jagung, sorgum, jeruk, buku KRPL, 400 inovasi Badan Litbang, Booklet Padi Liar, Boklet NISM, Buku Katalog SDG, publikasi, dll.

 

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event