Ayo Belajar Perbanyakan Tanaman di Balitjestro seperti Siswa Siswi SDN Oro Oro Ombo 02 Batu

dscf4274

Pemahaman teori akan lebih lengkap jika didukung dengan praktek langsung. Itulah yang mendasari siswa SDN Oro-oro Ombo 02 Batu mengunjungi Balitjestro, Senin 31/10/2016. Sebanyak 56 siswa-siswi SDN Oro-oro Ombo 02 Batu, sangat bersemangat dalam mengikuti studi lapangan pembelajaran IPA di Balitjestro. Mereka ingin belajar tentang perbanyakan tanaman di Balitjestro khususnya tanaman apel, jeruk, dan stroberi.

Secara bergantian, dua kelompok siswa mendapatkan penjelasan dari tiga pemandu lapang Balitjestro. Di awal diberikan penjelasan singkat mengenai perbanyakan tanaman kemudian dilanjutkan dengan praktek. Anak-anak diberikan kesempatan untuk praktek secara langsung dan banyak yang antusias untuk mencoba.

dscf4242

Teknik perbanyakan tanaman jeruk dijelaskan oleh Bapak Imam Rohmat yaitu teknik okulasi dan mencangkok. Teknik perbanyakan tanaman apel dijelaskan oleh Bapak Didiek Kristianto yaitu teknik rundukan, anakan, dan sambungan (grafting). Sedangkan perbanyakan tanaman stroberi dijelaskan oleh Bapak Marsono yaitu dengan teknik stolon/sulur tanaman. Para pemandu lapang cukup baik dalam memberikan penjelasan yang mudah dimengerti oleh anak dengan diselingi oleh senda gurau. Guru pendamping dari SDN Oro-oro Ombo 02 Batu sangat berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memperdalam pemahaman para siswa mengenai perbanyakan tanaman.(Trifena)

Agenda

no event