Audit Internal KNAPP Balitjestro

Pelatihan Auditor Internal KNAPPP (Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan) dilaksanakan pada hari Rabu 28 Februari dan dilanjutkan dengan Pelaksanaan Auditor Internal KNAPPP pada hari Kamis-Jumat, 1-2 Maret 2018 di Aula Malus, Balitjestro. Pelatihan ini dihadiri oleh sekitar 20 orang yang terdiri dari tim KNAPPP Balitjestro, dan beberapa orang yang ditunjuk sebagai pendukung auditor internal Balitjestro. Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan Balitjestro melaksanakan audit internal sebagai salah satu persyaratan dari akreditasi KNAPPP.

Sebagai Narasumber dalam pelatihan ini yaitu Sulistyowati Soerahmat selaku asesor KNAPPP. Acara dibuka oleh Nurhadi selaku PLH Kepala Balitjestro dan langsung dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Narasumber. Sebelum inti acara, Beliau menjelaskan tentang Pedoman KNAPPP 02:2017 tentang Persyaratan Umum Pranata Litbang sebagai dasar dari pelaksanaan audit internal KNAPPP.

Beberapa persyaratan akreditasi pranata Litbang melingkupi bidang : Organisasi dan Lingkup Kegiatan, Kepemimpinan, Strategi Organisasi, Pengukuran Kinerja, Proses dan Manajemen, Manajemen Kekayaan Intelektual dan Hasil, Manajemen Pelanggan dan Pemangku Kepentingan, Manajemen Kompetensi, dimana masing-masing bidang tersebut mewakili 8 klausul pedoman KNAPPP. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang mewakili Manajer Puncak, Manajer Mutu, Manajer Teknis 1 (Kasi Yantek dan Jaslit), Manajer Teknis 2 (Koordinator Jaslit dan Diseminasi), Manajer Teknis 3 (Ka Kelti Pemuliaan), Manajer Teknis 4 (Ka Kelti Ekofisiologi), Manajer Teknis 5 (Ka Kelti Hama Penyakit Tanaman) untuk melakukan Audit Internal KNAPPP Balitjestro.

Walaupun ada beberapa kendala karena dokumen-dokumen KNAPPP yang belum sempurna (Panduan Mutu, Prosedur, Instruksi Kerja, Formulir), namun kegiatan ini akhirnya dapat berjalan dengan baik karena kerjasama dari setiap peserta untuk melaksanakan tindak lanjutnya. Kegiatan ini diakhiri dengan penutupan oleh Kepala  Balitjestro, Moh. Taufik Ratule, dan dilanjutkan pembagian sertifikat oleh narasumber kepada semua peserta. (Trifena)