Asyiknya Bertanam Jeruk

Dalam rangka pengenalan terhadap terhadap tanaman, SD Ibnu Hajar Batu Malang mengadakan kunjungan ke Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika untuk memberikan wawasan terhadap murid-murid untuk mencintai tanaman. Di sini anak-anak dapat melihat berbagai jenis tanaman jeruk yang ada dan mengenal bagaimana memelihara tanaman agar tetap hidup.

Hal ini dimaksudkan agar anak-anak dapat mempunyai kepedulian terhadap lingkungan hidup di sekitarnya.. Selain itu dengan adanya semangat untuk mencintai tanaman akan memberikan dampak yang sangat positif di kemudian hari. Selain memupuk kemandirian juga untuk melatih kemampuan anak dalam memelihara tanaman.

Dalam praktek menanam jeruk murid-murid yang masih belia sangat antusias sekali. Dengan penuh rasa ingin mencoba mereka berusaha mempraktekan apa yang sudah dijelaskan oleh pemandu yang ada. Disamping menanam anak-anak juga aktif bertanya tentang bagaimana agar tanaman jeruk tetap hidup, dan pertanyaan-pertanyaan lain yang polos dari anak. Ini membuktikan bahwa anak-anak pun mempunyai tekad untuk melestarikan tanaman agar  hidup. Meskipun terik matahari menyekat namun anak-anak ini tetap berusaha melakukan apa yang diajarkan sampai mereka benar-benar mengerti dan bisa melakukannya.

Selain praktek menanam jeruk anak-anak juga diajak untuk ke visitor plot untuk memetik buah jeruk yang sudah matang. Disini juga diajarkan bagaimana agar memetik buah yang benar dan membedakan buah yang sudah masak dengan yang masih mentah.  Mengajarkan anak tidaklah mudah untuk itu pendidikan semacam ini sangat penting untuk menjadikan anak-anak peduli terhadap lingkungan hidup terutama mencintai tanaman.

Tinggalkan Balasan