Apresiasi Teknologi Perbenihan Tanaman Buah Non Jeruk

Tanaman buah unggul tropis Indonesia memiliki potensi dan peluang besar menjadi salah satu pilar ekonomi pedesaan. Kebijakan Dirjen Perbenihan Hortikultura bahwa setiap tahunnya membangun kawasan tanaman buah-buahan unggulan ±6.000 ha untuk meningkatkan suplai dalam negeri dan mengurangi impor. Guna mendukung pembangunan kawasan tersebut perlu ketersediaan benih bermutu dan diperlukan teknologi produksi yang sesuai.

Fokus komoditas kawasan tanaman buah-buahan unggulan  dikelompokkan menjadi 2 komoditas, yaitu: (1). Fokus komoditas utama: tanaman buah jeruk; (2). Fokus komoditas kedua  : tanaman buah non jeruk (mangga Garifta, manggis, jambu Kristal, srikaya rovi, sawo, alpukat, buah naga, jambu air, pisang, durian, rambutan,nangka.

Pada acara Apresiasi Teknologi Perbenihan Tanaman Buah Non Jeruk yang diselenggarakan akhir April 2014 oleh Dirjen Hortikultura beberapa waktu yang lalu, materi tayangan yang disampaikan oleh Balitjestro berjudul Teknologi Produksi Benih dan Penanganan OPT pada Anggur dan Alpukat. Apresiasi Teknologi Perbenihan Tanaman Buah Non Jeruk secara resmi dibuka oleh Direktur Perbenihan Tanaman Hortikultura (Ir.Sri Wijayanti Yusuf, M.Agr.Sc) yang didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi DIY (Ir. Sasongko, Msi).  Nara sumber berasal dari Balitjestro (Setiono, SP) , Balitbu Tropika ( Drs. Edison), PT. Nusantara Tropikal Farm (Ir. Rachmansyah A Wardhana), Sekretaris Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah, BPSB Jawa Tengah (Tonny Koenardi, SP) serta Penangkar/Petani Buah jambu kristal, lengkeng dan buah naga.

Peserta Apresiasi Teknologi Perbenihan Tanaman Buah Non Jeruk berasal dari 6 provinsi, yaitu: Provinsi Jawa Barat, DIY, Sumatera Utara dan Selatan, Bali serta NTB. Jumlah peserta 32 orang terdiri dari Penyuluh, Petugas Pengawas Benih Tanaman, Petani dan Penangkar. Materi teori diberikan di hall hotel Inna Garuda Yogyakarta, sedangkan kunjungan lapang ke penangkar benih/petani tanaman srikaya Rovi di Klaten, Jawa Tengah. [setiono]

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event