Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2019

Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tahun 2019 berlangsung pada 2-3 Desember 2019 di Auditorium BJ. Habibie, Gd. II BPPT. Kegiatan Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2019 dimaksudkan sebagai laporan kepada publik atas kinerja Direktorat Lembaga Penelitian dan Pengembangan dalam melakukan pembinaan terhadap lembaga litbang, sekaligus menjadi wahana untuk mengakselerasi kinerja lembaga litbang di Indonesia.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang P.S. Brodjonegoro dalam sambutannya mengharapkan agar ke depan, penelitian dapat dilakukan lebih terkoordinasi lagi dan melibatkan swasta lebih luas dengan skema insentif. Dana riset pada tahun 2020 keseluruhannya yaitu Rp 36 Triliyun, sebesar Rp 10 Triliyun akan dikoordinasikan langsung oleh BRIN.

Balitjestro yang sudah ditetapkan sebagai PUI Jeruk sejak 2017 dan KNAPP 2018, kali ini berpartisipasi pada gelar produk unggulan PUI dan Stand PUI Corner dengan produk olahan minuman sari jeruk. Berbagai produk unggulan dari PUI lainnya, terutama yang telah berpartisipasi dalam “Indonesia Innovation Day” di Belanda, Jepang dan Jerman turut pula dipamerkan.

Kegiatan hari pertama (02/12/2019), terdiri dari 4 kegiatan utama yaitu: (1) Deklarasi Pusat Unggulan Iptek lembaga litbang unggul baru dan lanjutan tahun 2019; (2) Pemberian apresiasi kepada BPPD berkinerja utama; (3) Pemberian sertifikat akreditasi pranata litbang; dan (4) Pemberian IIRDI award kepada badan usaha/industri.

Sedangkan pada hari kedua (03/12/2019), kegiatan dikemas dalam bentuk workshop lembaga litbang unggul dalam bentuk paparan materi dan tanya jawab dengan tema aktual PUI, diantaranya: “Desain pengemasan, merek, dan media promosi dalam rangka peningkatan nilai tambah produk hasil Litbangjirap,” dan “Harapan industri terhadap hasil lembaga Litbangjirap di Indonesia.”

Dalam sesi diskusi, ide dan gagasan kelembagaan PUI dan BRIN, Kepala Balitjestro Dr. Harwanto turut memberi masukan mengenai tantangan dan bagaimana mewujudkan hubungan antar lembaga yang harmonis yaitu dengan kolaborasi antar lembaga PUI. Teknologi yang dihasilkan harus semakin inovatif, efektif, dan efisien sehingga mampu menjawab tantangan zaman. (zhn_balitjestro@2019)

 

Agenda

  • Kam
    06
    Feb
    2020

    Kunjungan Mahasiswa Prodi Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada Yogyakarta

  • Sel
    18
    Feb
    2020

    Kunjungan Mahasiswa Jurusan Agroteknologi, Universitas Diponegoro Semarang