Apel Malang di Rejang Lebong

Kepala Balitjestro Dr. Ir Harwanto, M.Si saat mengunjungi kebun apel di Kecamatan Sindang Datar, Kabupaten Rejang Lebong, Kamis (21/11)

Apel terkenal sebagai komoditas khas dari Malang. Sentra pengembangannya berada di Kabupaten Malang dan Kota Batu yang memiliki iklim yang cocok untuk pertumbuhan apel.

Namun dibeberapa tempat dengan agroklimat dataran tinggi telah mencoba untuk membudidayakan apel. Salah satu daerah yang mengembangkan adalah di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Kepala Balitjestro Dr. Ir. Harwanto, M. Si bersama ka BPTP Bengkulu Dr. Yudi Sastro, KSPHP Puslitbanghorti Dr. Rudi Hartono dan Plh Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong M. Yusuf mengunjungi wilayah pengembangan apel di Kecamatan Sindang Dataran, Kabupaten Rejang Lebong, Kamis (21/11).

Dalam kesempatan tersebut diadakan diskusi rencana pengembangan apel di Kabupaten Rejang Lebong.

Saat ini total tanaman apel ada 800 yang dikembangkan di anggota 3 Kelompok Tani yaitu Bima Saktal 20 anggota kelompok , Berkah Tani 17 anggota dan Utama Tani 16 anggota.

 

Apel yang dikembangkan ada 3 varietas yaitu Manalagi, Rome Beauty dan Anna yang dikenal sebagai apel Malang. Adapun tokoh desa yang mengembangkan apel di Rejang Lebong adalah Sumanto asli dari Malang.

Sekitar 500 tanaman udah berbuah dan diperkirakan bulan Januari 2020 sudah mulai panen. Lahan yang berpotensi untuk pengembangan apel masih luas berkisar 800 ha sehingga ke depan dapat lebih dikembangkan lebih besar lagi. (aminuddin fajar/balitjestro)

Agenda
Tanggal Kegiatan
Rabu, 16 Oktober 2019 Kunjungan Industri – SMKN 1 Gondang Nganjuk
Rabu, 16 Oktober 2019 Studi Banding oleh Diperta Kab. Tulungagung
Jumat, 15 November 2019 SMA IT Al- Hikmah