All About Citrus di Batu Love Garden

Citrus corner yang didesain untuk menjadi daya tarik pengunjung di Batu Love Garden

“Opening Soon” Batu Love Garden (Baloga) akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Letaknya berada di Dusun Binangun, Desa Bumiaji Kota Batu. Destinasi ini dibangun di hamparan lahan seluas 8 hektar, yang terdiri atas 2 hektar tanah kas desa Bumiaji dan 6 hektar milik Jatim Park Grup. Pembangunan fisik hanya dibuat minim sekitar 10 persen. Selebihnya hamparan ruang terbuka hijau yang memajang hasil potensi desa seperti panen beragam jenis bunga, sayur mayur, hasil kerajinan masyarakat desa. Tak ketinggalan spot selfie bagi wisatawan.

Objek wisata baru di Kota Wisata Batu ini berbasis tanaman hortikultura. Eco park dan Edu park ini menghadirkan berbagai tema unik, salah satunya “All About Orange” yang bekerja sama dengan Balitjestro. Baitjestro sebagai Pusat Unggulan Iptek jeruk menghasilkan berbagai teknologi dan produk unggulan jeruk diantaranya VUB dan produk TSP Jeruk. Kerjasama ini diharapkan untuk mempercepat hilirisasi riset Balitbangtan ke masyarakat.

Kepala Balitjestro, Dr. Harwanto menjelaskan bahwa di lokasi ini terdapat berbagai varietas jeruk unggulan yang ditanam. Penjelasan mengenai varietas akan ditampilkan pula dalam bentuk audio visual. Dengan pemandangan gunung Arjuna, lokasi ini memang sangat mengesankan. Objek lainnya yang menarik adalah seperti greenhouse hortikultura yang menghadirkan stroberi dan anggur, juga tanaman sayuran lainnya.

Owner Jatim Park Grup, Paul Sastro Sendjojo mengatakan, semua konsep yang dirancang seputar dunia pertanian. Jatim Park sebagai destinasi wisata Kota Batu ingin melibatkan masyarakat Bumiaji yang dominan sebagai petani. Banyak potensi pertanian yang bisa dikembangkan. Ia mengungkapkan, masyarakat akan terlibat secara langsung dalam menjalankan agrowisata tersebut. Hasil panen holtikultura akan didistribusikan dan dijual melalui badan usaha yang dikelola pemerintah desa. Sehingga sirkuliasi perekonomian berpusat di desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Agenda
No event found!