ACIAR Jajaki Kerjasama Penelitian Agribisnis Jeruk dan Buah Subtropika

(foto dari kiri) Bu Nurmalinda (Puslitbanghorti), Lizia Zamzami (Peneliti Sosek Balitjestro), Ir. Suharyono (Penanggung jawab UPBS), Nurhadi (Ko. Program Balitjestro) dan Mr. Dale (ACIAR) mengunjungi Kebun Percobaan Punten
(foto dari kiri) Bu Nurmalinda (Puslitbanghorti), Lizia Zamzami (Peneliti Sosek Balitjestro), Ir. Suharyono (Penanggung jawab UPBS), Nurhadi (Ko. Program Balitjestro) dan Mr. Dale (ACIAR) mengunjungi Kebun Percobaan Punten

Pada tanggal 10 April 2014, Balitjestro kedatangan tamu dari ACIAR yaitu Mr. Dale yang merupakan seorang lecturer di University of Adelaide, Australia. Beliau datang ke Balitjestro didampingi oleh Ibu Nurmalinda dari Puslitbanghorti. Tujuan beliau ke Indonesia adalah dalam rangka untuk inisiasi proyek kerjasama penelitian dengan IPB dan Puslitbanghorti pada beberapa komoditas hortikultura yaitu 2 komoditas sayuran, 2 komoditas buah tropika, dan 2 komoditas buah subtropika. Sedangkan tujuan kedatangannnya ke Balitjestro adalah untuk menghimpun informasi tentang bagaimana kondisi agribisnis jeruk dan tanaman buah subtropika lainnya di Indonesia pada beberapa tahun terakhir, dan kegiatan apa saja yang sudah dilakukan oleh Balitjestro untuk mendukung agribisnis jeruk dan buah subtropika di Indonesia.

Oleh karena itu, pada kesempatan kemarin Mr. Dale bersama Bu Nurmalinda berdiskusi dengan Ka.Balitjestro Bpk. Joko Susilo Utomo, Bpk. Nurhadi dan Ibu Lizia Zamzami. Selanjutnya, setelah selesai berdiskusi Mr. Dale berkesempatan untuk diajak berkeliling melihat visitor plot jeruk dan fasilitas laboratorium SE di Balitjestro, kemudian dilanjutkan dengan melihat kegiatan yang ada di KP. Punten yang merupakan pusat produksi benih sumber jeruk bebas penyakit dan memelihara koleksi plasmanutfah jeruk terlengkap sebanyak 228 aksesi.

Pada beberapa tahun yang lalu, Balitjestro sendiri pernah mendapatkan kerjasama penelitian dengan mitra dari ACIAR, diantaranya yaitu Market development in eastern of Indonesia (2008); Huanglongbing management for Indonesia, Vietnam, Australia : Impact of Guava interplants on the incidence of D. Citri and the spread of HLB in orchards (2009).

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event