Kubu Raya Dukung Pengembangan Budidaya Jeruk Keprok

Tampilan Jeruk Siam Madu milik Pak Salimun saat memasuki masa panen yang bebruah lebat
Tampilan Jeruk Siam Madu milik Pak Salimun saat memasuki masa panen yang berbuah lebat

Sungai Raya, Kalbar (ANTARA News) – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan mendukung penuh kegiatan masyarakat Sungai Radak II yang mengembangkan budidaya Jeruk Keprok yang diolah menjadi sirup.

“Kita akan membantu baik dari proses penanamannya sampai dengan proses pengolahannya hingga pemasarannya,” kata Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus di Sungai Raya, Kamis.

Menurutnya, masyarakat Kubu Raya harus mampu bersaing dengan masyarakat lain di Asean. Baik dari segi ilmu pengetahuan dan teknologi serta tanaman pangan dan hortikultura.

“Makanya kita minta masyarakat untuk terus mengembangkan komoditi ini,” tuturnya.

Dia menceritakan, selama dua tahun ini, masyarakat Desa Sungai Radak II, Kecamatan Terentang telah mengembangkan Jeruk Keprok dimana hasil kebun jeruk tersebut sudah ada dalam bentuk kemasan sirup.

“Saya sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh masyarakat disini untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat. Saya yakin jeruk keprok diterima pasar, terlebih saat ini kebutuhan jeruk kita di Kalbar semakin banyak import, padahal kita memiliki potensi untuk pengembangan jeruk,” ujar Hermanus di kebun jeruk masyarakat Desa Sungai Radak II.

Hermanus menyakini, jika dilakukan pengembangan dan pengemasan produk yang semakin baik akan semakin membuka pasar yang baik pula. Menurutnya, dari hasil pemantauan di lapangan potensi jeruk keprok sangat memingkinkan untuk terus dikembangkan.

“Di lahan seluas lima hektar milik masyarakat Desa Sungai Radak II telah ditanami budidaya jeruk keprok dan sudah siap panen. Dari pemantauan kami, konsumen pun menerima jeruk keprok dengan baik, karena di samping rasanya yang manis, warnanya juga cerah, jadi lebih menarik, lebih segar dan tidak memiliki bahan pengawet,” kata Hermanus.

Untuk itu, Hermanus meminta kepada dinas terkait agar dapat membantu masyarakat menyediakan pasar yang baik bagi hasil-hasil budidaya masyarakat. Seperti jeruk keprok yang dikembangkan oleh masyarakat Desa Sungai Radak II di Kecamatan Terentang.

Menurutnya jika pasarnya bagus maka akan semakin memotivasi masyarakat untuk bekerja dan akan semakin membuka ruang bagi masyarakat untuk terus berinovasi dan meningkatkan kreatifitas.

“Jeruk keprok memiliki potensi yang baik dan memiliki pangsa pasar yang luas. Yang paling penting adalah mendapatkan hasil panen yang berkualitas baik,” katanya.

Editor: B Kunto Wibisono – Antaranews

Related Post

Tinggalkan Balasan