24 Peserta Training Pengujian dan Sertifikasi Benih Timor Leste Kunjungi Balitjestro

Ir.Arry Supriyanto, MS memeberikan materi tentang jeruk di Indonesia
Ir.Arry Supriyanto, MS memeberikan materi tentang jeruk di Indonesia

Sebanyak 24 orang peserta dari Kementerian Pertanian Republic Democratic of Timor Leste dengan didampingi 2 orang staf dosen Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) mengunjungi Balitjestro, Kamis 19/05/2016.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari “Training Pengujian dan Sertifikasi Benih” di Departemen Agronomi dan Hortikultura (IPB). Menurut Dr.Abdul Kholid mewakili rombongan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan tentang tanaman buah-buahan. Harapannya dengan adanya kunjungan dapat menambah ilmu dan bisa menjadi referensi untuk pengembangan buah di Timor Leste.

Kunjungan ini diterima oleh Ir.Agus Sugiyatno, MP koordinator jaslit mewakili kepala balai. Dalam sambutannya disampaikan inovasi teknologi yang telah dihasilkan Balitbangtan dalam mendukung pengembangan jeruk dan buah subtropika. Berbagai varietas unggul sudah banyak dilepas oleh Kementerian Pertanian untuk dikembangkan di Indonesia .

Selain itu disampaikan pula kemudahan akses untuk mencari informasi dari Balitjestro melalui website dan media sosial yang telah banyak dipunyai semua orang.  Jadi dengan fasilitas tersebut akan lebih mudah dalam mencari informasi.

Selanjutnya disampaikan materi tentang jeruk oleh Ir. Arry Supriyanto, MS. Peserta diberi penjelasan tentang komoditas jeruk nusantara yang tersebar dari Sabang- Merauke. Berbagai macam varietas unggul. telah ada untuk dikembangkan. Disamping itu dijelaskan pula tentang perbenihan jeruk bebas penyakit.untuk mendukung pengembangan agribisnis jeruk di Indonesia.

Para peserta melihat proses perbenihan yang dipraktekan oleh, Sri Andayani, dan Agus SD teknisi balitjestro
Para peserta melihat proses perbenihan yang dipraktekan oleh, Sri Andayani, dan Agus SD teknisi balitjestro

Selain diberi materi peserta juga mengunjungi Kebun Percobaan Punten untuk melihat langsung perbenihan disana. Di kebun peserta dapat berdiskusi dengan teknisi yang ada tentang proses perbenihan dan pengelolaannya. (fjr)

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event