12 Macam Unsur Esensial Yang Dibutuhkan oleh Tanaman Jeruk

[cml_media_alt id='1392']Unsur yang dibutuhkan pada tanaman jeruk[/cml_media_alt]

Bagi tanaman jeruk, sistem perakaran merupakan salah satu karakteristik tanaman yang harus dipahami agar aplikasi pupuk efektif karena sebagian besar nutrisi dan air masuk tanaman melalui serapan akar. Kemampuan akar menyerap nutrisi dan air bergantung pada karakteristik fisiologi dan morfologinya (penyebaran akar lateral, kedalaman akar, jumlah daun, kerapatan akar rambut), serta kehadiran mikoriza.

Secara umum, benih jeruk yang diperbanyak melalui cangkok memiliki perakaran yang lemah (tidak memiliki akar tunggang) dan jangkaunnya sempit, sedangkan benih yang diproduksi melalui okulasi dan ditanam dalam polibag memiliki akar tunggang yang kuat dan akar serabut lebih banyak.

Jika ditanam di lahan berpasir, akar-akar tersebut akan berkembang lebih cepat dan cenderung ke arah bawah dibandingkan dengan tanah liat (clay). Selanjutnya perkembangan akar di lapangan menjadi salah satu faktor penentu pertumbuhan, hasil maupun umur tanaman. Perkembangan akar yang optimal akan menghasilkan tanaman yang sehat dan produktif, sebaliknya sering ditemukan kematian tanaman pada umur sekitar 4 tahun karena akarnya mengalami gangguan pertumbuhan. Masalah tersebut dapat dikurangi antara lain dengan menanaman benih yang memiliki pertumbuhan akar tunggang normal dan mengatur penyebaran akar pada saat tanam, serta menghindari penanaman di tanah yang drainasenya buruk.

Secara umum, perakaran tanaman jeruk termasuk dangkal. Pola perakaran tanaman dewasa menyerupai piramida terbalik, dan sekitar 75% bobot kering akar menempati lapisan tanah bagian atas (kedalaman 0 hingga sekitar 30 cm). Masing-masing bagian akar berbeda efektivitasnya dalam menyerap air dan pupuk. Secara fisiologis, bagian akar yang paling efektif untuk menyerap nutrisi dan air adalah akar rambut dan ujung akar (akar yang sedang mengalami proses pemanjangan).

Pemupukan Tanaman Jeruk

Tumbuh kembang tanaman dalam sistem alamiah seperti di hutan sejalan dengan proses pelapukan batu-batuan dan sisa organisme. Adanya campur tangan manusia seperti pengangkutan hasil tanaman menyebabkan kehilangan nutrisi dari lahan sehingga kesuburannya menurun. Oleh karena itu, tanpa pemupukan yang memadai, kebun jeruk tidak mampu mendukung pertumbuhan dan produksi yang memuaskan.

Nutrisi yang Dibutuhkan oleh Tanaman

Selain air, paling sedikit ada 12 macam unsur esensial yang dibutuhkan oleh tanaman jeruk diambil dari dalam tanah. Pertama, unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah banyak (makro primer), meliputi nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K).  Kedua, unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah banyak hanya pada kondisi tertentu (makro sekunder), meliputi kalsium (Ca), magnesium (Mg), dan belerang (S).  Ketiga, unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit tetapi bila kekurangan akan mempengaruhi produksi dan kelangsungan hidup tanaman (mikro), meliputi besi (Fe), seng (Zn), mangan (Mn), tembaga (Cu), boron (B) dan molibdenum (Mo).

Sumber N yang banyak beredar  di pasar adalah urea, ZA dan pupuk majemuk NPK; P adalah SP36, fosfat alam dan pupuk majemuk NPK, dan K adalah ZK, KCl dan NPK.  Sumber Ca adalah SP36, fosfat alam, kapur pertanian dan dolomit (Ca dan Mg). Kebutuhan S lebih sedikit dibandingkan N dan biasanya kebutuhan S bisa terpenuhi dari pemberian pupuk kandang, ZA atau ZK yang biasanya diberikan degan tujuan utama untuk memenuhi kebutuhan N atau K.

Unsur mikro yang dibutuhkan oleh tanaman jeruk bisa terpenuhi tanpa penambahan pupuk kimia asalkan aplikasi pupuk kandang dilakukan secara teratur. Pupuk mikro lengkap biasanya diperdagangkan dalam formula cair sebagai pupuk daun, contohnya adalah “CITROVIT” dan “PROVITALIS” yang diproduksi oleh KPRI Citrus.

*keterangan gambar: Sutopo sedang memberikan materi pemupukan tanaman jeruk pada “Pelatihan Budidaya Jeruk” di Balitjestro dari Kab. Nunukan. Kalimantan TImur tahun 2013

 

Oleh: Sutopo
Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika
Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian

Tinggalkan Balasan